Sabtu, 16 Juli 2011

Manfaat Berwudhu Selain Untuk Shalat

Berwudhu merupakan kegiatan seorang muslim untuk membersihkan diri dari hadast kecil guna dapat mendirikan shalat dan menyentuh serta membaca al-Quran.

Berwudhu adalah salah satu syarat sah shalat. Manfaat dari air wudhu selain membersihkan fisik dan rohani air wudhu juga dapat menjatuhkan dosa-dosa yang telah dilakukan anggota badan kita yang terkena air wudhu, karena memang daerah-daerah yang di basuh air wudhu merupakan daerah yang paling sering berdosa.

manfaat wudhu
Perhatikan: Mulut. Berbohong, membicarakan aib orang lain, dan berapa orang yang menjadi korban karena ulah dari mulut kita. halalkah makanan dan minuman yang kita makan? di gunakan untuk melihat apa mata kita? maksiatkah? apa yang telah di dengar kuping ini, dan apa saja yang telah di cium hidung ini? telah melakukan apa tangan ini,dan melangkah kemanakah kaki kita sehari-hari. jelasnya semua yang di basuh air wudhu merupakan daerah yang paling riskan untuk melakukan dosa.

Air wudhu bermanfaat terhadap kesehatan fisik dan rohani. Berkumur-kumur dimaksudkan untuk menjaga kebersihan mulut dan kerongkongan dari peradangan dan pembusukan pada gusi juga membersihkan sisa2 makanan yg menempel pada gigi. Serta membasuh wajah,tangan dan kaki bermanfaat untuk menghilangkan debu-debu dari berbagai bakteri. Dari segi rohani wudhu menggugurkan daki-daki yang menghalangi pahala. 

Bersama air wudhu dosa-dosa kita di bersihkan, sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu, tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan akhirnya".

Maka kalangan ulama melarang mengeringkan air wudhu dengan kain karena proses pembersihan itu sampai tetesan terakhir dari air wudhu itu.

Semoga Artikel "MANFAAT BERWUDHU" ini dapat bermanfaat bagi anda.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda