Kamis, 27 Januari 2011

Kesehatan - Neoplasma dan Perbedaan Kanker dengan Tumor

Kesehatan - Neoplasma dan Perbedaan Kanker dengan Tumor
Tahukan kalian apa itu kanker? Kanker kalau isengnya sih disebut juga salah satu penyakit yang sering menimpa pengangguran, hihihi… itulah Kantung Kering, alias tidak memiliki uang. Jelaslah mana mungkin seseorang mempunyai uang sedangkan pekerjaan saja tidak memiliki. Namun, bukan hal itu yang akan dibahas dalam artikel ini.

Kanker yang dimaksudkan dalam artikel ini adalah suatu penyakit yang menyerang jaringan sel tubuh atau lebih mudahnya adalah suatu penyakit yang memiliki tanda pertumbuhan sel-sel yang tidak dapat terkendali. Sel-sel tubuh yang terserang oleh penyakit kanker ini mengalami perubahan material genetic asam deoksiribonukleat (DNA) sehingga dapat terlihat dengan mudah, dapat terlihat dengan mudah karena sel yang terserang oleh penyakit kanker ini akan menunjukan perbedaan pada karakteristik selnya (Perbedaan pertumbuhan sel).

Lalu apa yang dimaksudkan dengan Tumor? Dapat dikatakan bahwa setiap benjolan atau pembengkakan yang tidak normal atau abnormal dari jaringan tubuh yang disebabkan oleh segala sesuatu disebutnya tumor. Karakteristik dari tumor ini adalah dapat terlihat dari permukaan tubuh atau dapat juga tersembunyi di dalam tubuh. Asal kata dari tumor ini adalah Neoplasma.

Neoplasma adalah massa jaringan abnormal yang diakibatkan oleh neoplasi, neoplasi sendiri diartikan sebagai proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh yang abnormal yakni yang tumbuh sendiri secara tidak terkendali.

Jaringan tubuh yang mengalami neoplasi pada asalnya berkembang dari jaringan tubuh sendiri. Jaringan yang terkena dan mengalami neoplasi akan menimbulkan benjolan pada bagian tubuh yang mengalaminya.

Lalu apa hubungannya Neoplasma dengan Kanker dan Tumor?
Neoplasma itu terbagi menjadi dua bagian yakni Neoplasma benigna dan Neoplasma maligna. Neoplasma beligna disebut juga tumor jinak, tumor jinak ini memiliki karakteristik yaitu benjolan yang bersifat jinak, pertumbuhan tumor yang lambat dan memiliki batasan yang tegas sehingga mudah sekali dikenali dan dengan mudah juga dapat diangkat melalui operasi. Sehingga tumor itu dapat disembuhkan dengan sempurna tanpa meninggalkan sedikitpun tumor.

Sedangkan Neoplasma Maligna disebut juga sebagai tumor ganas atau lebih dikenal sebagai kanker. Karakteristik dari kanker ini adalah pertumbuhannya yang sangat cepat sehingga sulit sekali untuk dikendalikan hal ini dikarenakan sel-sel jaringan dapat berubah menjadi sel kanker dengan waktu cepat. Kanker ini adalah penyakit yang menyebar ke seluruh tubuh karena dapat berkembang dengan daerah sekitar yang terjangkitnya.

Kanker ini sangat sulit diobati, adapun dengan operasi hanya mengangkat bagian yang paling parah dijangkit penyakit ini. Sedangkan jaringan lainnya yang telah terserang sel kanker harus di sinar, itupun bukan untuk menyembuhkan melaikan hanya menghambat kinerja sel kanker. Selain dengan sinar, ternyata terdapat juga dengan obat suntik hormone yang menghambat pertumbuhan sel.

Lalu apa yang disebut metastatis? Metastatis adalah sebutan bagi suatu proses penyebaran dan penyusupan sel-sel kanker pada bagian tubuh lain yang sehat sehingga menjadikan sel tubuh yang sehat itu terjangkit kanker.

Neoplasma dan Perbedaan Kanker dengan Tumor
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Yang namanya Tumor serta Kanker itu dapat menyerang laki-laki dan perempuan

    BalasHapus

Silahkan beri komentar anda