Selasa, 25 Januari 2011

Pengenalan Search Engine Optimization (SEO) Bagi Pemula

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah rangkaian proses yang bertujuan agar sebuah halaman website mendapatkan berada diposisi puncak dalam mesin pencari (search engine). 

Hasil terbaik selalu dinilai dengan posisi tertinggi di search engine dengan menggunakan keyword tertentu. Itu berarti SEO bertujuan membuat halaman website dapat berada diposisi tertinggi dan memperoleh keuntungan (trafik tinggi) dengan posisi tersebut.

Apa saja keuntungan dari posisi halaman website berada diposisi tertinggi? Hmmm…. Sebenarnya banyak sekali keuntungannya. Dapat berupa memenangkan persaingan, mendapatkan kepuasan, trafik pengunjung bertambah yang berimbas pada penghasilan.

Bisa mendapatkan penghasilan? Tentu! Sebuah blog atau website dapat memberikan penghasilan yang lumayan bagi mereka yang memiliki sponsor, iklan, dan sebagainya. 

Dengan posisi di paling tinggi atau berada pada laman 1 baik itu posisi 1 – 10 di pencarian google, maka otomatis orang yang ingin mencari sesuatu yang berhubungan dengan materi yang anda buat dengan mengetikan kata kunci maka website anda ada kemungkinan dibuka dan dikunjungi mereka.

"Ingatlah! Semakin tinggi posisi anda di SERP, Semakin banyak pengunjung blog anda."

pengenalan seo bagi pemula
Keuntungan yang kedua adalah materi/penghasilan. Lho kok penghasilan? Iyalah. Jika website dipasang iklan maka ada besar kemungkinan iklan itu di klik oleh pengunjung yang tertarik pada iklan tersebut.

Karena semakin banyak pengunjung maka iklan yang dipasang mempunyai kesempatan besar untuk di klik, nah inilah penghasilan salah satu  dari iklan yang disebut sistem PPC (Pay per Clik). Oleh karena itu Search Engine Optimization (SEO) sangat penting. Walaupun ternyata yang lebih penting lagi adalah isi konten yang di bahas.

Isi konten yang unik, orisinil dengan kualitas yang baik akan memiliki nilai lebih dalam dunia SEO. Jangan asal buat artikel!  

Lalu apa keuntungan pertamanya…?? Keuntungan pertama ini adalah kepuasan hati karena memenangkan persaingan. Benarkan..? Coba bayangkan jika website anda berada pada posisi pertamax (tertinggi) maka ada kepuasan dalam diri anda yang membuat anda senang, karena anda berhasil menguasai kata kunci yang paling diinginkan oleh setiap webmaster. Efek positifnya pasti ada, bahwa anda akan lebih giat lagi dalam pembuatan konten berkualitas dan mengoptimalkannya.

Lalu dari mana search engine menilai website untuk menentukan yang berhak diposisi…? Search Engine seperti Yahoo dan Google memiliki suatu mesin yang disebut dengan Clawler, Spider dan Bot atau Robot yang bertugas mengunjungi setiap halaman web dan mengindexnya kemudian hasil index tersebut dibuat sebuah peringkat dengan menggunakan algoritma dengan 200 faktor penentu rangking untuk menentukan halaman web mana yang berhak menduduki sebuah posisi di hasil pencarian SERP (Search Engine Result Pages).

Nah, itulah mungkin Pengenalan Awal Search Engine Optimazation (SEO) bagi pemula.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda!


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Berikan Komentar Anda Di Kolom Yang Telah Disediakan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda