Webmaster dan Ruang Lingkupnya

Minggu, 16 Januari 2011


Webmaster tentu bukanlah nama yang asing bagi para pengguna internet, karena bagaimanapun juga kehadirannya tidak akan bisa terpisahkan dari pernak-pernik dunia maya. Kita bisa lihat karya-karya para webmaster itu di milyaran situs dengan beragam program yang digunakan, ada yang menarik dan ada juga yang membingungkan seperti satu situs weblog ini.

Untuk dapat menggeluti bidang ini, yang pertama kali mesti kamu dipahami adalah tugas dan ruang lingkup seorang webmaster.  Nah, tugasnya adalah: 
1.      Mendirikan sebuah alamat/situs atau mendaftar pada sebuah domain demi memiliki sebuah alamat situs. 
2.      Menyiapkan bahan yang akan di bahas dan disediakan di dalam situs. 
3.      Membangun situs itu dengan melakukan system penempatan aplikasi. 
4.      Merapikan agar tidaksemrawut dan mudah ditemukan oleh para pengunjung. 
5.      Menemtukan atau member warna templetenya agar tampil indah. 
6.      Memasukkan bahan yang telah dibuat itu agar dapat dilihat oleh para pengujung. 
7.      Merawatnya agar tetap menarik dan melakukan update informasi. 
8.      Menjaga keamanan, hal ini harus dilakukan karena semakin tekenalnya sebuah situsweb maka semakin rawan situsnya dihancurkan oleh hacker.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa webmaster itu bukanlah pekerjaan perorangan melainkan pekerjaan kelompok. Hal ini dikarenakan banyak tugas yang harus dilakukan agar tampil maksimal. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membangun seutuhnya sebuah websitus.

Namun ternyata tidak sedikit orang dan kebanyakan orang lebih memilih mengerjakan sebuah situs web ini secara perorangan dengan alasannya adalah agar tidak banyak yang mengatur dan tampilannya sesuka dia sendiri serta pendapatannya dari situs itu dapat lebih besar. Tentunya dengan resiko, tampilan yang dibuat itu lebih sederhana.

Nah, jika pembuatan situs web dilakukan secara kelompok maka hasilnya pun ternyata akan lebih maksimal. Berikut adalah tugas yang harus dibagikan pada tim dan mestinya harus yang ahli dalam bidangnya.

Web Arsitek
Web arsitek adalah perancang awal dari sebuah website. Orang yang memegang pekerjaan ini haruslah orang yang mengerti dan paham mengenai kategori website hal ini diperlukan agar skema yang dibuat akan menarik dan lebih sesuai dengan fungsi dan kebutuhan dari website itu sendiri.

Web Designer
Web designer adalah orang yang mendesain halaman-halaman dari sebuah situs web, orang yang berada ditempat ini adalah orang yang harus memiliki jiwa seni tinggi. Web designer ini bertugas untuk menentukan bentuk dari desain, letak gambar dan tipografi yang sesuai dengan website yang akan dibuat.

Tentu saja agar sebuah website dapat berfungsi dengan baik, diperlukan seorang web programmer untuk membuat berbagai aplikasi. Seorang web programmer baru dapat memulai tugasnya jika pembuatan website awal telah rampung. Web programmer ini mempunyai tugas untuk membuat kode program untuk menghubungkan halaman dengan halaman serta fasilitas lainnyayang dikira diperlukan.

Dalam sebuah website pasti ada penanggung jawabatas jalannya sebuah website, dialah seorang web administrator. Ia juga bertugas untuk mengawasi perkembangan sebuah website, mengatur sebuah webserver, menjaga database, mengatur domain yang digunakan dan masih banyak lagi. Ini adalah tugas yang paling susah di emban oleh orang yang bekerja untuk sebuah website.

Nah, selain dari 4 bidang keahlian di atas, ternyata masih banyak lagi yang harus dikuasai secara spesifik seperti database administrator, HTML Cutter, Content Administrator, Trainer dan banyak lainnya.
Inilah alas an mengapa harus kelompok dalam mengerjakan sebuah website kecuali orang yang nekad dan memang memiliki talenta untuk membuatnya. Nah, sekarang terserah anda, apa mau kelompok atau sendiri?

3 komentar:

  1. berkunjung, follow aku ya di www.andyonline.net :)

    BalasHapus
  2. Ane setuju banget bahwa ad 4keahlian dalam webamaster

    BalasHapus

Ini adalah blog - dofollow. Silahkan isi komentar anda mengenai laman ini.