Jumat, 21 Januari 2011

Bahaya Konsumsi Berlebih Vitamin C Dosis Tinggi

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.

Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.

Sumber vitamin C (asam askorbat) dapat diperoleh dari berbagai buah dan sayur. Namun,apakah efek samping kelebihan vitamin C, berbahayakah untuk tubuh?

Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk tubuh dan bermanfaat untuk pertumbuhan normal dan pengembangan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi. Tubuh manusia tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, itulah salah satu alasan pentingnya mengonsumsi sumber makanan bervitamin C.

Jika vitamin C alami yang didapat melalui makanan dikonsumsi terlalu banyak, efeknya tidak akan membahayakan tubuh.Vitamin C yang berlebih tersebut akan luruh dengan sendirinya dan keluar dari tubuh melalui urin.

Tetapi jika asupan vitamin C diperoleh dari suplemen vitamin C (terutama yang suplemen yang berdosis tinggi) dan berlebih dalam pemakaiannya, hal ini bisa membahayakan tubuh. Efek yang mungkin akan diderita jika terlalu banyak mengkonsumsi suplemen Vitamin C di antaranya:

- Diare

- Mual

- Muntah

- Mulas

- Perut kram

- Sakit kepala

- Insomnia

- Batu ginjal

Sebaiknya atur dosis suplemen vitamin C yang dikonsumsi,dan usahakan untuk perbanyak minum air putih.

Read More Post: 


Berikan Komentar Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda