5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

Senin, 31 Januari 2011

Menjaga Kesehatan saksi dan sing selamat



Untuk bisa mendapatkan umur panjang dan sehat, jantung adalah salah satu organ yang mutlak harus dijaga kesehatannya. Gangguan jantung bisa saja sangat mematikan, oleh karena itu pencegahannya dan menjaga kesehatan jantung merupakan hal mutlak yang harus dilakukan.

Holly Andersen, peneliti dari Ronald O Perelman Heart Institute di New York menjelaskan beberapa kebiasaan baik yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar jantung terjaga kesehatannya. Mulai dari hal sepele seperti berjalan kaki hingga mengetahui angka-angka vital.

Inilah hal-hal yang dianjurkan dilakukan dan harus diketahui agar kita dapat menjaga kesehatan jantung. Berikut 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung:

1. Ketahui angka-angka vital
Sebelum ada masalah dengan jantung, ada baiknya untuk mengetahui angka-angka penting yang merupakan indikator kesehatan jantung. Di antaranya adalah tekanan darah, denyut nadi, kadar lemak total, kolesterol dan trigliserida.


2. Berjalan kaki
Kesibukan dan aktivitas yang selalu padat jangan dijadikan alasan untuk tidak pernah berolahraga. Sesekali tinggalkan kendaraan pribadi lalu berjalan kaki menuju halte terdekat untuk naik angkutan umum ke kantor. Cukup dengan berjalan kaki selama 20-30 menit sehari, risiko kematian dini akibat serangan jantung bisa dikurangi hingga 50 persen.


3. Tertawa sesering mungkin
Kalaupun untuk sekedar berjalan kaki saja masih sulit untuk meluangkan waktu, cobalah untuk lebih sering tertawa. Bicara soal pembakaran kalori, tertawa terbahak-bahak selama 15 menit bisa disetarakan dengan aerobik selama 30 menit. Tertawa juga menekan pelepasan hormon stres kortisol, sehingga tekanan darah lebih terkendali.

4. Perhatikan lingkar pinggang
Kesalahan yang sering terjadi adalah orang terlalu mengkhawatirkan berat badan, padahal faktor risiko sindrom metabolik dan berbagai masalah jantung justru lebih banyak berhubungan dengan lingkar pinggang. Obesitas sentral atau perut buncit menandakan perlemakan hati yang menyebabkan kadar kolesterol sulit dikontrol.

5. Tidur yang cukup
Bergadang hingga larut malam tidak hanya membuat tubuh cepat merasa letih keesokan harinya. Kurang tidur juga bisa meningkatkan stres dan tekanan darah sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Kelihatannya sepele tapi istirahat yang cukup merupakan syarat penting yang harus dipenuhi jika ingin berumur panjang.

Nah, itulah 5 cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung.
Semoga Artikel 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung ini bermanfaat


Baca Artikel Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar

Ini adalah blog - dofollow. Silahkan isi komentar anda mengenai laman ini.