Melindungi Kulit dari Sinar UV (UltraViolet)

Rabu, 19 Januari 2011


(Sinar UV) - Sinar matahari sangat berguna dan dibutuhkan bagi kelangsungan kehidupan makhluk di muka bumi, Termasuk kita sebagai manusia yang jelas-jelas sangat bergantung kepada tersedianya sinar matahari. Tanpa adanya matahari, organ tubuh dan sel manusia tidak akan bertahan hidup dan bahkan dipastikan dapat tidak berkembang atau mati. Hal ini juga terjadi pada hewan dan tumbuhan.

Namun tenyata selain mempunyai kelebihan, sinar matahari yang digunakan manusia untuk keperluan menjalani hari-hari ini memiliki kekurangan bahkan disebutnya itu dampak buruk dari matahari untuk kulit. Matahari memiliki sinar radiasi yang sangat berbahaya bagi kulit manusia(terutama yang terkena sinar langsung). Salah satu sinar negative itu adalah radiasi sinar ultraviolet atau lebih dikenal sebagai sinar UV.

Efek dari radisi sinar UV ini dapat kita lihat dari permukaan kulit yang tampak seperti terbakar, bisa juga dengan mengurangnya kelembaban kulit/kering, terdapat noda hitam/bintik-bintik hitam yang juga dapat menyebabkan kulit keriput atau penuaan dini, lebih buruknya sinar UV ini dapat merusak kekebalan tubuh dan mengubah struktur DNA atau dengan kata lain menyebabkan kanker kulit. Nauzubillahimindalika

Nah, lalu apa yang harus kita lakukan? Apakah kita harus menghindari sinar matahari guna melindungi diri dari sinar UV ini? Ohh… tentu tidak. Karena yang harus kita lakukan hanya menghindari kontak langsung antara sinar UV dengan kulit. Lagian tidak selamanya radiasi sinar UV ini terdapat pada cahaya matahari. Sinar UV ada karena terjadinya percikan lidah api di permukaan matahari itupun jika mengarah ke arah bumi.

Untuk melindungi kulit kita ditakutkan adanya radiasi maka cukup kita menggunakan atau memakai perlindungan fisik pada tubuh manusia. Apa saja? Contohnya adalah memakai topi, kacamata hitam (buset mau melindungi atau bergaya? Hahaha…), baju dan celana pendek atau  juga dapat menggunakan jaket. Jika ingin lebih terlindungi lagi, pake payung.
  
Antipasi lainnya adalah dengan berjalan di tempat teduh, jika sedang mengobrol ya di bawah pohon besar atau sebagainya. Jika cuaca mendung maka anda harus tetap waspada, karena sinar UV ini dapat menembus awan bahkan kaca.

Cara lain yang lebih efektif untuk menghindari radiasi sinar UV adalah dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen, bisa juga sunblok. Cara ini juga lebih praktis dan tidak merepotkan karena cukup dengan hanya mengoleskanya pada kulit kita yang terkena sinar matahari, maka secara otomatis bahan-bahan kimia yang terkandung dalam tabirsurya ini bekerja untuk melindungi kulit kita.

Namun sekali lagi ini hanyalah satu tips atau cara jika anda ketakutan akan terkena dampak dari radiasi sinar UV, karena pada intinya jika kita menjaga kelembaban kulit dan kondisi tubuh sehat atau fit apa lagi selalu makan makanan yang sehat bagi tubuh maka, jangan terlalu takut akan terkena dampak sinar UV ini, karena tubuh kita terlindungi oleh kekebalan tubuh. Yang lebih kuat dibandingkan dengan baja sekalipun. Itulah sedikit mengenai Melindungi Kulit Dari Sinar UV.

0 komentar:

Posting Komentar

Ini adalah blog - dofollow. Silahkan isi komentar anda mengenai laman ini.