Selasa, 13 Februari 2018

Strategi Optimasi SEO Blogspot 2019

2019 artikel ini saya perbaharui, bahwasannya artikel ini telah di upload pada 2018. Yang pertama saya bahas dalam update ini adalah mengenai SEO yang tentunya sudah mengalami perubahan yang signifikan dibanding tahun 2011 pada saat blog ini pertama dibuat. Sebelumnya anda bisa baca terlebih dahulu: Apa itu SEO untuk memperkuat pengetahuan anda sebelum melakukannya.

Apa saja yang berubah dari SEO?

Dulu ketika tahun 2011, sangat mudah untuk mendapatkan peringkat #1 di SERP, terutama jika anda menggunakan cara yang tidak wajar alias melanggar aturan Guidelines Google dengan cara blackhat seo. Namun sekarang cara itu sudah tidak efektif digunakan seiring update-update yang telah dilakukan google.

Nah, saat ini google lebih mengedepankan keorisinilan konten untuk diposisikan di SERP teratas. Dan tentunya struktur blog anda juga harus mempuni.

Bagaimana dan Apa saja yang harus anda lakukan untuk dapat bersaing di posisi puncak SERPs? berikut penjabarannya:

SEO untuk BLOGSPOT

1. Konten Orisinil dan Unik. Algoritma google saat ini mengedepankan ke-orisinil-an untuk setiap konten, bukan tidak mungkin hanya dengan hal ini anda bisa mendapatkan posisi puncak di search engine google (kedepannya). Sehingga tulislah konten yang asli buatan anda atau bisa juga mengulas konten yang kuat authoriti nya seperti Moz, dll. Dengan link hidup!  

PERHATIAN!

Saya mengatakan ini untuk memberikan sedikit peringatan, semoga anda bisa memahaminya:

Beberapa blog di buat hanya untuk berbagi informasi atau sekedar untuk meluapkan hati atau pengetahuannya. Ada juga yang membuat blog untuk mendapatkan uang dan jika anda membuat blog untuk uang, maka buatlah konten dengan teliti sebelum anda mempostingnya (dimana konten orisinil dengan kualitas yang baik akan membuat blog anda dipercaya oleh pembaca dan juga google).

Google tidak sebodoh yang anda pikirkan, mereka memiliki ribuan ahli IT bergelar P.hD yang melakukan riset pada algoritmanya sehingga mudah mendeteksi orisinalitas dari sebuah tulisan. Fokuslah pada kualitas dari tulisan anda, maka uang yang anda targetkan akan menghampiri dengan sendirinya.

2. Pastikan Blog Mensupport tampilan mobile (handphone). Google telah memberlakukan penalti bagi blog yang tidak mengsupport dengan baik tampilan konten di handphone sejak tahun 2015, kebanyakan situs yang unfriendly itu mengalami penurunan yang signifikan di SERP. So, Gunakan desain responsive. 

3. Perhatikan dan gunakan tata bahasa yang benar. Tulisan yang baik dan mudah dimengerti bisa jadi salah satu yang bisa membuat tulisan anda kuat di SERP. Khususnya setelah update PANDA.

4. Pastikan isi konten bermanfaat bagi pembaca. Isi konten yang berbobot dan bermanfaat akan membuat pengunjung blog anda nyaman untuk membaca lebih lama, hal ini bisa jadi salah satu faktor yang dipertimbangkan algoritma google untuk memberi peringkat baik di SERP nya. Telitilah isi konten sebelum dipublikasi. 

5. Posting artikel setidaknya 3 kali dalam seminggu. Update artikel memberikan sinyal kepada googlebot bahwa blog itu aktif, sehingga bot mempercaya anda. Namun ingat harus Orisinil dan jangan terlalu intens juga. Dulu blog ini banyak pengunjungnya, namun setelah berhenti update pengunjung semakin berkurang! Kita lihat 6 bulan kedepan, seperti apa blog ini.

6. Manfaatkan Label sebagai pembantu keyword. Tentunya anda harus menggunakannya dengan bijak, yaitu sesuai dengan tema yang anda buat. Jangan asal buat label ya!

7. Setting Moderasi pada Komentar. Hal ini untuk mencegah terjadinya spam di blog anda, yang tentunya akan merugikan blog anda. Anda pun dapat melakukan filter jikalau ada yang menghina anda di kolom komentar. :D

Strategi untuk mendapatkan hasil maksimal di SEARCH ENGINE blog blogspot 2018


8. Pastikan URL di SET SEO friendly. lakukan setting khusus untuk membuat url. kalimat yang terpotong pada url bisa jadi berpengaruh pada kekuatan SEO blog anda. Utamakan yang mengandung keyword setidaknya 3 atau 4 kata.

9. Optimalkan Meta Deskripsi blog. Meta deskripsi memiliki fungsi penting bagi calon pengunjung untuk melihat dan membaca topik yang hendak anda sajikan di halaman lengkap. Sehingga pengunjung dapat mempertimbangkan untuk melakukan klik kunjungan ke blog anda atau tidak. Menambahkan deskripsi blog yang menarik dan relevan dengan pembahasan akan menjadi nilai tambah dalam rangka mendapatkan trafik tinggi. 

10. Fokus pada satu Niche (Genre blog). Beberapa bloggers (termasuk Devi Kunyai) memulai blogging dengan multiniched (membahas semua hal), tidak fokus pada satu genre blog. Hal ini bisa membuat masalah, salah satunya sulit terindex dengan baik oleh google bahkan terkadang tidak terindex dalam waktu yang lama. Namun, yang sudah terjadi ya sudahlah. Ini blog saya, bagaimana dengan anda?

11. Optimalkan Gambar di postingan. Googlebot dalam melakukan proses pengindex-an tidak dapat melihat gambar yang tersedia di postingan anda sehingga gambar yang anda upload menjadi sia-sia, untuk dapat mengoptimalkannya supaya terindex anda harus menggunakan perintah alt. Jangan Lupakan ALT!

12. Jangan Melakukan Keyword Stuffing. Jika anda melakukannya, bukan tidak mungkin situs anda akan terkena penalti dari google. Anda tahu apa maksudnya?

13. Lakukan link internal jika memungkinkan. Internal link membantu bot untuk melakukan validasi kesesuaian konten pembahasan dengan konten lain yang tersedia, saling terhubungnya satu artikel dengan artikel lain yang relevan, dapat meningkatkan kepercayaan google pada blog anda.

14. Cek keberadaan blog anda di Search Engine. Devi sendiri hampir selalu melakukan pengecekan jumlah artikel yang sudah di index di google search dan peringkat setiap artikel. Jika ada masalah dengan pengindex-an lakukan setting pada struktur data situs anda dan lakukan cross check (cek silang) dengan data yang ada di webmaster tools.

15. Tambahkan keyword pada judul. Tentu saja keyword yang dimasukkan ke artikel harus sesuai dengan pembahasan (judul) anda. Anda bisa gunakan keyword tools, seperti aplikasi keyword research dari keyword planner, moz atau Aherf.

16. Batasi jumlah iklan. Jika iklan di blog anda lebih banyak dibandingkan dengan isi artikel, maka pengunjung anda bisa pergi, begitu pula dengan googlebot. Hal ini bisa menyebabkan kehilangan kepercayaan dari google. Jadi kendalikan jumlah iklan di blog anda.

17. Tambah jumlah kata pada postingan setidaknya 500 kata. Postingan yang pendek belum tentu tanpa kualitas, namun bisa jadi google melihat bahwa situs dengan postingan pendek tidak memberikan informasi yang lengkap.

Berkaca dari poin 17, maka artikel ini dibuat melebihi 500 kata.

Capek bacanya? Jangan menyerah! Karena informasi di bawah bisa jadi lebih penting untuk anda ketahui. Jadi ayo lanjutkan baca.

18. Hati-hati duplikat konten. Google dapat dengan mudah mendeteksi duplikat konten, situs dengan duplikat konten dapat menurunkan peringkat situs anda di google search. HARAM melakukan copy dan paste artikel dari sosial media atau forum pada situs anda.   

19. Manfaatkan strategi SEO pada blogger. Anda dapat menambahkan gambar dengan menambahkan alt tag, label, deskripsi penelusuran dan lainnya yang tersedia di blogger.

20. Beritahu googlebot mengenai apa yang anda bahas. Gunakanlah header tag yang tepat, yaitu pemilihan dan penempatan H1, H2 dan H3 yang benar. Manfaatkanlah untuk menjelaskan seutuhnya artikel anda pada google.

21. Gunakan atribut "rel=nofollow". Beritahu googlebot untuk tidak melakukan no follow pada link keluar khususnya yang menjadi rujukan pembahasan pada artikel anda. Anda harus tetap memberi link hidup pada artikel rujukan anda. 

22. Gunakan Bold dan huruf kapital pada beberapa kata. Penggunaan ini dimaksud untuk membantu pada pembaca agar dapat memilah poin utama dan poin penjelasan pada artikel. Anda bisa lihat, saya melakukannya pada postingan artikel ini.

23. Gunakan fort size. Jika pembaca artikel anda adalah mereka para lanjut usia (lansia), maka memperbesar ukuran huruf sangatlah penting.

24. Gunakan strategi piramida. Berikanlah informasi penting dan menarik di awal-awal paragraf sebelum hal tambahan pada artikel anda. Karena bisa jadi pengunjung (pembaca) dalam hal ini anda keluar dari blog karena tidak tertarik dengan pembahasan. Jika anda membaca poin 24, berarti saya sukses menerapkan strategi piramida. Lol...

 25. Kenali RankBrain. Salah satu update algoritma google adalah rankbrain, dimana halaman yang banyak dibuka dan lama dibaca oleh pengunjung akan diberi peringkat baik oleh google dan dipercaya untuk berada di puncak SERPs.

Saya pun menerapkan strategi rankbrain ini, coba anda perhatikan, setelah poin 17 saya mengajak anda untuk terus membaca artikel ini. Mengerti maksud saya?

26. Percepat akses load blog dengan menghilangkan beberapa widget. Google melihat kecepatan akses sebagai bagian dari optimasi seo yang harus anda lakukan. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman blog, bisa membuat pengunjung kesal dan tidak jadi mengunjungi halaman anda. Kurangi ukuran foto, iklan dan widgets.

27. Sembunyikan Label. Khusus untuk blogspot, anda bisa memanfaatkan label untuk membantu keyword, namun jika label yang dimasukkan banyak, tidak nyaman nyaman juga dipandangnya. Mengapa tidak anda coba sembunyikannya? Pertimbangkan hal ini!

28. Beritahu google ketika anda memposting artikel baru. Gunakan aplikasi Fetch to google di google webmaster tools. Jangan menunggu google mengindex anda, bisa jadi dibutuhkan waktu 2 hari. Khususnya untuk blog baru yang mungkin akan lebih lama untuk bisa di index.

29. Share artikel anda di sosial media. Sosial media bisa memberikan backlink yang bagus bagi blog anda, jadi lakukanlah share di facebook, twitter dan juga google plus. Bisa menambah trafik juga.

30. Submit blog anda ke search engine. Anda bisa melakukan submit ke search engine lain selain google, hal ini bisa menambahkan trafik bagi blog anda. Lakukan submit ke Yandex, Bing, Yahoo, Baidu dan lainnya.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

6 komentar:

  1. Ulasan yang sangat menarik,. terima kasih banyak, saya sangat terbantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan berharga. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.

      Hapus
  2. ini patut di coba oleh para blogger pemula, termasuk didalamnya saya. makasih ya gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.

      Hapus
  3. Kebetulan saya masih baru dalam ngeblog, jadi saya perlu artikel ini, ijin bookmark ya gan!

    BalasHapus
  4. ilmunya langsung saya terapkan boleh gak ya?

    BalasHapus

Silahkan beri komentar anda