Minggu, 11 Februari 2018

Pentingnya Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Blog

Dalam postingan kali ini, Devi Kunyai akan memberitahu secara lengkap kepada anda mengenai pentingnya menambahkan meta deskripsi ke dalam halaman utama (beranda / homepage) sebuah blog dan pada setiap halaman entri blog (postingan).

Mesin pencari (search engine) seperti google, bing, yahoo, yandex, baidu dan lainnya akan menampilkan penjelasan entri blog sesuai dengan meta deskripsi yang dibuat. Lihat gambar snipping hasil pencarian situs saya di mesin pencari google, sebagai contoh:

Hasil pencarian devi kunyai di google, menampilkan deskripsi yang jelas dan tidak ambigu.

Dari gambar di atas dapat anda lihat bahwa blog devi kunyai memiliki deskripsi "Blog tentang kehidupan, memberikan informasi yang relevan dengan kebutuhan anda."

Yang pertama akan saya jelaskan adalah bagaimana cara menambahkan meta deskripsi untuk halaman utama dan yang kedua untuk halaman postingan pada blog. Tapi ingatlah! anda harus terlebih dahulu membuat meta deskripsi untuk halaman utama, baru setelah itu anda membuatnya untuk setiap entri blog.

Langkah-langkah untuk membuat meta deskripsi untuk halaman utama anda:

1. Pilih setelan
2. Pilih Preferensi Penelusuran
3. Disana anda akan melihat Meta tag (deskripsi)
4. edit, pilih ya untuk "Aktifkan deskripsi penulusan?"
5. Isi sesuai deskripsi halaman utama blog anda. Maksimal 150 karakter.
6. Jika sudah di isi selanjutnya anda pilih simpan perubahan. 

Untuk mempermudah anda, perhatikan gambar di bawah:
Meta deskripsi yang dimasukkan pada homepage blog devi

Ketika robot google (googlebot) datang kembali untuk melakukan crawling pada situs anda, bot akan melakukan perubahan terhadap meta deskripsi halaman utama yang telah anda ubah untuk ditampilkan di mesin telusur, sehingga setiap orang akan melihat perubahan yang telah anda lakukan melalui google.

Selanjutnya mari kita membuat meta deskripsi untuk halaman entri blog, agar lebih SEO. Baca dasar seo dari artikel sebelumnya. Mengetahui dasar dari seo bisa membuat anda paham dan lebih memiliki pengetahuan yang unggul dari pesaing.

Langkah-langkah untuk menambahkan meta deskripsi pada entri post blog.

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa deskripsi itu penting baik itu bagi para pencari informasi (pengunjung) maupun googlebot. Sehingga setiap entri halaman pun butuh untuk memilikinya. Caranyapun sangat mudah.

Anda bisa melihatnya di bagian kanan blog entri menu. Yaitu saat anda melakuan entri baru, disana anda akan melihat setelan entri. Anda bisa memasukkan deskripsi untuk halaman entri baru anda.

Setiap entri blog post harus memiliki deskripsi penelusuran.

Sekarang ketika seseorang melakukan pencarian di google dan kebetulan menemukan entri blog anda, mereka bisa membaca deskripsi blog anda, begitu juga google yang akan menampilkan sesuai dengan deskripsi yang anda tulis. Semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi anda.

Itulah yang saya lakukan untuk menjadikan blog devi kunyai lebih SEO, bagaimana dengan anda?
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda