Jumat, 16 Februari 2018

Moderasi Komentar Blog, Pentingkah Bagi SEO?

Kolom komentar bukan hanya sebagai tempat untuk menyampaikan pendapat, apresiasi atau pertanyaan dari para pembaca (pengunjung) blog, tapi juga merupakan salah satu faktor yang menjadi acuan bagi google untuk memberi peringkat pada hasil pencarian di mesin penelusuran, dalam kata lain komentar blog adalah bagian penting dari blog yang mendukung strategi optimasi blog agar dapat menempati posisi pertama di situs penelusuran google.

Itulah yang menjadi sebab beberapa blogger yang sangat memperhatikan SEO menerapkan aturan moderasi komentar blog di situsnya seolah-olah menjadi bagian terpenting dari situs mereka. Mereka akan memeriksa komentar yang masuk, memilahnya, menghapus komentar yang tidak perlu, menghilangkan komentar spam, membalas komentar yang relevan dengan pembahasan serta menarik perhatian mereka dan mempublikasikannya.

Namun tidak semua blogger menerapkan aturan moderasi komentar pada blog, mereka membiarkan semua komentar yang masuk untuk dipublikasi secara otomatis. Setiap pengunjung yang datang dapat memberikan komentar dengan bebas, dan tidak mempedulikan apakah para spammer melakukan komentar spam di blog mereka.

"Jika anda merupakan salah satu pemilik blog, maka semuanya terserah anda, apakah anda ingin memoderatori bagian komentar anda atau tidak." 
bingung memilih apakah menerapkan moderasi komentar pada blog atau tidak

Tentu saja semua pilihan anda memiliki konsekuensi tersendiri. Moderasi berarti anda memiliki wewenang untuk memilih komentar yang dipublis atau tidak, itu artinya anda harus memeriksa satu-satu komentar yang masuk ke blog anda setiap hari, anda harus memutuskan apakah menghapus komentar atau tidak, mengkategorikan apakah itu spam atau tidak dan membalas komentar dari pengunjung atau tidak. Semuanya itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, terutama jika blog anda sangat populer dan menerima banyak komentar masuk setiap hari, satu hari saja anda melewatkan untuk moderasi maka anda harus bekerja lebih giat lagi di hari berikutnya. Moderasi komentar memang sulit, anda harus membacanya satu-satu dan memilihnya.

Jika anda ingin lebih bebas dan tidak memiliki waktu banyak, anda bisa memilih untuk tidak memoderatori komentar yang masuk ke blog anda. Itu hak anda! Tapi ingatlah, pilihan ini devi sarankan bagi anda yang membuat blog untuk bersenang-senang dan berbagi informasi secara online tanpa tujuan bisnis. Jika anda memiliki tujuan bisnis, maka pikirkanlah baik-baik karena pilihan ini akan memiliki hubungan erat dengan search engine optimization.

Jika anda adalah blogger yang tertarik dan memiliki kepentingan terhadap SEO, maka opsi moderasi komentar blog bisa menjadi pilihan yang tepat. Yang memiliki manfaat untuk mengendalikan dan menghapus komentar spam. Spam dapat membahayakan blog anda secara perlahan, bahwa blog yang menyediakan komentar spam dan spammer akan mendapatkan pinalti dari google. 

Berikut adalah cara melakukan setting moderasi komentar blog di blogger:
1. Buka blogger.com
2. Pilih Setelan
3. Pilih Postingan, Komentar dan Berbagi
4. Lihat dan cari Moderasi Komentar, pilihlah selalu, kadang-kadang atau tidak pernah (pilih salah satu).
5. Simpan setelan.

Untuk mempermudah anda, lihat gambar di bawah:
setelan moderasi komentar di blogger

Gambar di atas menunjukan blog devi kunyai ini dapat dikomentari oleh setiap orang bahkan anda bisa meninggalkan komentar di blog ini dengan nama anonim. Namun komentar anda tidak akan langsung muncul di laman blog karena harus saya setujui terlebih dahulu, karena saya menerapkan setelan moderasi komentar blog.

Itulah pilihan saya, bagaimana dengan pilihan anda? 
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda