Sabtu, 24 Februari 2018

Apa Itu SEO / Search Engine Optimization?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah nama yang diberikan untuk sebuah aktivitas agar bisa mendapatkan pengunjung secara organik atau alami dari mesin pencari dengan cara menempati "peringkat terbaik" atau "posisi tertinggi" di mesin pencari.

Semua search engine utama seperti Yahoo, Bing dan khususnya Google akan menampilkan link sebuah halaman blog atau website yang dianggap paling relevan dan terpercaya diposisi teratas, agar bisa menempati posisi itu search engine menggunakan algoritmanya untuk mendeteksi dan menganalisis jumlah dan kualitas link yang merujuk ke situs itu.

Singkatnya, halaman blog anda akan memiliki potensi untuk menempati posisi puncak di mesin pencari google jika halaman blog lain merujuk ke blog anda sebagai sumber yang terpercaya.

Membuat situs blog anda muncul di mesin pencari google
Konten yang berkualitas dan unik akan menjadikan blog anda sebagai rujukan blog orang lain yang mungkin akan memberikan link ke blog anda dan hal ini memungkinkan algoritma google (googlebot) memahami bahwa halaman anda itu menarik, berkualitas dan terpercaya. Sehingga hal ini berdampak pada peringkat blog anda di hasil pencarian google, dimana google akan memberikan peringkat terbaik pada blog yang berkuatitas dan terpercaya di mesin penelusurannya.

Bagaimana, mudahkan memahaminya? Jika masih bingung bacalah dengan lengkap artikel ini!

memahami SEO untuk mendapatkan posisi puncak di serp


Bagaimana cara Google menentukan peringkat blog?
Google memberikan peringkat teratas pada halaman blog yang terpercaya dan berkualitas (blog yang menjadi sumber rujukan), sehingga menjadi tugas anda untuk membuat konten blog yang berkulitas agar menjadi sumber rujukan blog orang lain. Cara mudah menulis konten berkualitas bagi orang lain adalah dengan menulis konten yang bermanfaat dan berguna bagi pembaca, karena konten yang bermanfaat akan dengan mudah tersebar dengan sendirinya. Biasanya pembaca yang menilai bahwa isi konten bermanfaat akan membagikannya atau melakukan share di media sosial miliknya, dan lama-lama blog anda kebanjiran pengunjung. Kejadian banyaknya share dan pengunjung akan berdampak pada pemberian peringkat terbaik secara permanen di hasil penelusuran google.

Langkah-langkah mudah untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik
1. Menulis konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca dengan menggunakan kata dan kalimat yang mudah dipahami.
2. Membuat blog anda mudah untuk dilakukan share atau berbagi link
3. Terus berusaha memberikan yang terbaik bagi pengunjung blog.

Search engine optimization atau SEO merupakan aktivitas sederhana untuk memastikan situs blog dapat ditemukan di search engine menggunakan kata dan kalimat yang relevan dengan isi konten. Anda harus benar-benar bisa mengkontrol konten yang anda tuliskan, jangan ingin instant dalam membuat konten blog. Jika ingin blog anda terpercaya dan kuat secara SEO.

Janganlah anda tergoda dengan cara instant mendapatkan posisi puncak di google dengan cara SEO yang salah. Instant mendapatkan berarti instant pula ditinggalkan. Harus anda ketahui bahwa algoritma google telah berkembang pesat, apalagi sejak tahun 2015, algoritma google dilengkapi dengan rankbrain, rankbrain adalah salah satu artificial intellegence milik google yang berfungsi mendeteksi kosakata yang sepadan, mirip dan sebagainya. Jika anda berbuat yang melanggar aturan google, terutama menggunakan black hat SEO, jangan harap bisa menempati posisi puncak google!

Agar dapat dikenal pengunjung, anda harus memiliki link ke situs anda sehingga pengunjung bisa datang ke situs blog anda. Link juga akan membantu google mengenali konten blog anda, namun ingat janganlah menyebarkan link sembarangan karena bisa menyebabkan blog anda di cap spam oleh google.

Bagaimana cara mendapatkan link?
Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa link itu penting tetapi jangan berlebihan dan harus berkualitas! Link akan datang dengan sendirinya jika anda menuliskan konten yang benar-benar berkualitas. Link terbaik adalah link yang datang dari halaman blog atau konten blog lain yang berbeda IP dan sebagainya. Link dari IP unik akan dideteksi memiliki kualitas tinggi oleh google dibanding link dari IP yang sama.

Ringkasan
Menulis konten blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung blog anda, memahami konten yang diperlukan pengunjung, membuatnya mudah dipahami dan mudah untuk dibagikan. Akan membuat posisi blog anda di hasil penelusuran google meningkat yang secara bersamaan pengunjung blog andapun akan meningkat. Anda juga bisa membaca artikel strategi SEO blog dari devi kunyai untuk lebih memahami apa itu SEO.

Jika anda mengalami kesulitan dengan pembahasan yang dibahas pada konten ini, atau blog anda sulit untuk di index google dan perlu bantuan. Silahkan berikan komentar anda!
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama