Senin, 17 Januari 2011

Bahasa Pemograman HTML

Apakah ada yang tahu apa itu pemprograman? Lihat saja contohnya televisi, komputer, radio, handphone dan sebagainya itu merupakan suatu barang yang di buat dengan gabungan hardware dan software. Jika kita mengetahui hardware maka kitapun harus belajar mengetahui software. Apa saja yang disebut software itu? Jika didefinisikan software adalah suatu perangkat lunak yang merupakan isi dari hardware atau juga disebut sebagai perangkat program, prosedur dan dokumen yang berkaitan dengan suatu system. Program itu sendiri banyak macamnya, jika kita suka bermain game dalam playstations atau computer maka sebenarnya kita sedang menggunakan program game. Program itu dapat kita buat sendiri sehingga tidak menutup kemungkinan jika kita mempelajari bahasa pemograman kita dapat membuat suatu program baru.

Bahasa pemograman adalah suatu bahasa yang dapat di baca oleh suatu perangkat keras (hardware). Banyak macam dari bahasa pemograman, yaitu pascal, C, C++, java, javascript, HTML, XHTML, CSS, Middlware, assembler dan banyak lainnya. Semua bahasa itu adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram suatu hardware agar dapat berjalan seperti yang di tulis di program bahasa. Pada post ini akan di bahas mengenai pemograman menggunakan HTML, mengapa HTML? Alasannya karena dalam pembuatan web, seorang webmaster harus menguasai bahasa ini. Begitu pula seorang blogger yang harus menggunakan bahasa ini dalam proses editing HTML agar blognya lebih menarik dan berjalan optimal.

Langsung saja kita bahas. Bahwa seperti yang telah disebutkan sebelumnya HTML merupakan bahasa pemograman yang harus dikuasai oleh para webmaster. HTML itu sendiri terdiri dari tag-tag yang dapat dibaca dan diterjemahkan oleh browser. Dalam pembelajarannya menghapal tag HTML itu sangatlah menguras waktu dan energi karena bahasa ini agak rumit, namun jika kita tekun pasti kita bisa. Untuk mempermudah dalam proses pembelajaran saya menganjurkan untuk menggunakan editos WYSIWYG seperti Dreamweaver.

Kita dapat melihat hasil karya orang lain agar dengan cepat kita dapat mempelajari bahasa HTML, tujuan dari melihat karya orang lain bukanlah untuk meniru atau menjiplak tetapi untuk memahami bahasa itu dalam proses yang terjadi pada halaman web. Bagaimana caranya? Kita dapat melihat contoh HTML karya orang lain di halaman website di internet dengan mencari source codenya. Bagaimana caranya? Mudah saja ko, ikuti langkah ini:
  1. Buka sebuah halaman web
  2. Blok dan copy halaman
  3. Paste di notepad, simpan dalam format html, contoh: Belajar.html
  4. Save dan Close notepad
  5. Klik atau buka file html yang tadi di buat.
Setelah mengikuti langkah itu pasti kita dapat melihat HTML web yang kita blok tadi.

Dalam soal menghapal tag HTML, patilah sulit sehingga untuk mempermudahnya hapalkan saja hal-hal yang pentingnya yang kurang penting kita abaikan dahulu karena dengan terus kita berkutat dalam bahasa program itu kita pasti dapat mengerti dan tahu fungsi tagnya.

Tag dalam bahasa HTML terdapat dalam 5 bagian yakni DTD/Doctype (Document Type Definition), html, head, title dan body.

Contoh tag dalam bahasa HTML:
  1. Doctype
    Berfungsi untuk menjelaskan versi dari HTML yang kita gunakan. Skrip ini harus diletakan di bagian paling atas.

  2. Html
    Digunakan untuk membuka dan menutup dokumen HTML.

  3. Head
    Digunakan untuk menuliskan keterangan dokumen HTML, seperti judul halaman.

  4. Title
    Digunakan untuk menulis judul halaman.

  5. Body
    Digunakan untuk menuliskan tag-tag yang akan menjadi konten website.
    Contoh Tag dari 5 tag dalam bahasa HTML dapat di lihat dan di download di Download file

    «
    Next
    Posting Lebih Baru
    »
    Previous
    Posting Lama

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan beri komentar anda