Rabu, 14 Februari 2018

Mengapa Blog Harus Mobile Friendly?

Apakah situs blog anda sudah mobile friendly?
Agar blog dapat bertahan dan bersaing di pasar digital maka blog harus sudah mendukung penggunaan melalui mobile phone / ponsel . Saat ini hampir semua orang dapat terhubung ke internet menggunakan ponsel, dan para penggunanya telah sangat mahir untuk menggunakan ponsel sebagai sarana mencari informasi, berbelanja online dan sebagainya menggantikan penggunaan komputer ataupun laptop.

Memiliki blog yang mendukung mobile friendly tentu saat ini menjadi WAJIB! Dalam artikel Optimasi Seo telah disinggung mengenai hal ini. Mengingat telah dikemukakan oleh google bahwa mereka telah melakukan update khusus untuk mobile friendly site update. Dengan dimasukkannya algoritma pada bot milik google ini, memungkinkan blog yang tidak mendukung, tidak ramah dan membutuhkan loading yang lama jika di akses menggunakan polsel akan mengalami penurunan besar terhadap trafik, bahkan mungkin pada peringkat blog di SERP.
alasan mengapa blog harus mobile friendly adalah perbandingan prioritas posisi di penelusuran seluler, dimana blog yang tidak mendukung mobile akan mengalami penurunan posisi yang signifikan.
Blog harus mengikuti aturan pembaharuan google mobile friendly
Seiring dengan meningkatnya pengguna ponsel di dunia, google melakukan pembaharuan yang memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para pengguna dalam mengakses suatu blog, sehingga untuk mencapai hal itu google memberikan prioritas dan meningkatkan peringkat halaman blog yang ramah ponsel di hasil penelusuran seluler.

Peningkatan peringkat di situs pencarian google ini diberikan sebagai reward / hadiah untuk laman dari blog yang berkualitas tinggi dan relevan dengan pencarian serta dapat bekerja dengan baik mendukung penggunaan di perangkat seluler. Sedangkan untuk situs blog yang tidak mobile friendly mungkin akan melihat penurunan yang signifikan dalam lalu lintas pengguna ponsel dari penelusuran google.

Namun, jika blog yang tidak ramah ponsel diperbaiki dan menjadi support mobile friendly, google akan secara otomatis memperbaiki peringkat situs tersebut setelah dilakukan crawler dan penindexan halaman situs tersebut.

Perlu diingat bahwa update mobile friendly ini dapat mempengaruhi:
1. Hasil pencarian diperangkat seluler saja yakni ponsel dan tablet.
2. Mempengaruhi hasil penelusuran global dalam semua bahasa.
3. Mempengaruhi entri halaman, bukan situs blog secara keseluruhan.

Statistik menunjukan mengapa mobile friendly penting?
Statistik menunjukan bahwa jumlah transaksi e-commerce atau berbelanja menggunakan mobile phone mencapai angka 108,4 trilliun rupiah pada tahun 2017. Statistik lainnya yang mendukung blog atau situs web anda harus mendukung mobile friendly meliputi:

1. Pada tahun 2016 pengguna ponsel pintar / smartphone di Indonesia 65,2 juta meningkat menjadi 74.9 juta pengguna tahun 2017 dan kemungkinan akan jauh meningkat pada tahun 2018 dan 2019. (Sumber: katadata)

2. Statistik menunjukan bahwa penggunaan ponsel lebih tinggi di bandingkan dengan komputer/laptop di dunia dengan penggunaan 52.9 % di dunia. (Sumber: statcounter)

Dari statistik itu membuktikan bahwa penggunaan ponsel sebagai sarana untuk mengakses internet bisa mengalahkan penggunaan komputer di Indonesia bahkan bisa jadi penggunaan ponsel diseluruh dunia akan menggantikan penggunaan komputer walaupun tidak sampai punah!

Uji blog anda apakah sudah mobile friendly?
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah blog anda ramah ponsel, atau justru sangat tidak mobile friendly:

1. Untuk menguji mobile friendly setiap halaman anda bisa menggunakan Mobile-Friendly Google.
2. Untuk menguji keseluruhan situs blog, google telah merekomendasikan untuk memanfaatkan laporan kegunaan seluler di webmaster tools. 

Blog anda tidak mobile friendly?
Jika blog anda saat ini ternyata tidak ramah terhadap penggunaan seluler tapi peringkat blog anda masih stabil dan tidak mengalami penurunan trafik di penelusuran seluler. Bisa jadi karena kualitas laman anda yang bernilai excellent, sehingga blog anda bisa terus eksis di posisi teratas SERP. Namun siapa tahu kedepannya google melakukan update tegas yang mengharuskan blog mendukung penggunaan seluler.

Sehingga saran terbaik devi adalah jangan menunggu update lanjutan dari google yang lebih tegas akan aturan untuk mendukung penggunaan seluler, pastikan situs blog anda mobile friendly sekarang juga!. Semakin lama anda memperbaharui blog anda ke platform yang mendukung seluler, maka semakin kecil peluang anda untuk mendapatkan calon pelangan berkunjung ke situs blog atau website anda.

Halaman blog yang menggunakan platform mobile friendly dan mobile responsif merupakan hal penting yang harus anda miliki untuk bisa terus bersaing di bisnis online mengingat pertumbuhan mobile phone semakin cepat.

Jika situs blog anda sudah lama tidak berganti desain atau tidak ramah pada pengguna mobile seluler, maka secepatnya anda harus merancang ulang desain platform situs anda. Dan pastikan situs anda mendukung penggunaan seluler sesuai dengan anjuran google mengenai keharusan blog memberikan kenyamanan pengguna seluler dengan mobile friendly desain.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda