Selasa, 20 Februari 2018

Mengubah Template Default Blog Blogger Agar Lebih SEO

7 tahun lalu tepatnya pada tahun 2011 Devi membuat blog ini dengan menggunakan template default (tersedia di blogger) karena memang belum mengerti, saat itu yang terpikirkan adalah memiliki sebuah blog. Sampai pada waktunya saya mengenal seo dan mulai tahun 2018 saya mengubah template atau tema blog agar lebih seo dan bisa menempati posisi #1 di pencarian google.

Template default disediakan blogger ketika membuat blog blogspot baru, dengan menggunakannya bukan berarti anda tidak bisa menempati posisi puncak di SERP, semuanya bisa terjadi. Namun untuk mendapatkan peluang yang lebih besar maka sebaiknya anda mengubah template blog anda dengan yang lebih SEO.

Kekurangan template default menurut saya adalah tampilannya kurang menarik dan sangat standar dari segi optimasi untuk mendapatkan posisi pertama di google. Kecuali jika anda ahli dalam bahasa pemograman HTML, CMS, Jquery dan sebagainya untuk mengubah beberapa program defaultnya. Karena tema yang disediakan oleh blogger ini bisa dikatakan telah usang/tidak mendukung update terbaru google, sedangkan google selalu mengupdate algoritmanya untuk menentukan blog mana yang menjadi pemimpin di SERP.


Itulah sebabnya saya membuat artikel dengan judul cara mengubah template blog agar lebih seo karena tema standarnya atau default tidak seo friendly dan juga tidak responsive. Sedangkan google telah mewajibkan semua blog dan website untuk mendukung penggunaan di seluler, sehingga blog anda harus mobile friendly.

Anda bisa membuat template blog sendiri agar unik dan berbeda dengan milik orang lain, namun jika anda tidak bisa membuatnya sendiri, anda bisa menggunakan template dari pihak ketiga seperti tema blog yang disediakan oleh gooyaabitemplates.com dan btemplates.com

Di bawah saya buatkan langkah-langkah untuk mengubah template blog blogger bagi pemula atau yang baru mengenal blog.

1. Untuk dapat mengganti template blog, terlebih dahulu anda harus mendownload tema / template yang disukai. File yang anda download harus memiliki extensi .xml

2. Masukkan akun blogger anda.

3. Pilih kolom Tema

4. Pilih Backup / Pulihkan, Agar mempermudah lihat gambar di bawah:
gambar langkah mengubah template blog
Jika sudah sampai pada langkah ini, silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Pilih Choose File, dan carilah file template dengan ekstensi .xml yang sudah anda download
upload file .xml untuk menjadikan template blog anda seo friendly.


6. Klik upload untuk mengakhiri.

Jika langkah 6 telah anda lewati, maka template anda telah berubah menjadi template blog baru, agar blog lebih seo, jangan lupa untuk menambahkan meta deskripsi blog anda. Juga perhatikan di kolom tata letak, aturlah tata letak blog sesuai dengan selera anda.

Jika anda masih kurang paham, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Semangat!!!
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda