Sabtu, 05 Januari 2019

Cara Memperbaiki Duplikat Konten pada Artikel - Blogger

Solusi Memperbaiki Duplikat Konten di Artikel Blogger

Apa itu Duplikat Konten?

Duplikat konten berarti adanya pengulangan informasi yang sama, biasanya hal ini terjadi karena ada pensalinan kata demi kata yang secara bersamaan telah tersedia di salah satu atau bahkan diberbagai lokasi baik di blog Anda sendiri ataupun telah dipublikasi di web orang lain (dengan atau tanpa persetujuan Anda). Media perangkat lunak untuk melakukan blogging saat ini didominasi oleh Wordpress dan Blogger. Jika Anda seorang pengguna Blogspot, Anda mungkin tahu bahwa setiap Anda mempublikasikan postingan apapun bentuk informasinya secara bersamaan telah menduplikat di tiga lokasi berbeda di blog anda. Tiga lokasi ini yakni halaman posting, halaman Indeks dan halaman Arsip blog Anda.

Kebijakan Google Terkait Duplikat Konten 

Mesin pencari Google (Google Search Engine) akan memberikan hukuman bagi situs-situs yang memiliki konten duplikat dan blog blogspot pun tidak luput dari aturan ketatnya. Saya sebagai pengguna blogspot tidak menyalahkan Google atas perilaku ketatnya seperti itu karena saya pikir Google akan memberikan penghargaan lebih pada penyedia konten asli. Sehingga hal ini membantu Google untuk melakukan keadilan seadil-adilnya bagi penyedia konten asli dan secara keseluruhan meningkatkan kepuasan pengguna dengan memfilter informasi ganda pada hasil pencariannya.

Perangkap Konten Duplikat

Mungkinkah situs penerbit asli terperangkap oleh kebijakan Google? Bisa jadi iya. Terkadang situs penerbit asli bisa di anggap duplikat manakala dia di duplikat oleh situs-situs ternama. Entahlah bagaimana jadinya, yang pasti dalam salah satu artikel di blog ini saya pernah mendapatkan peringatan mengenai duplikat konten dari pihak Google. Padahal artikel itu seaslinya dibuat sendiri dengan cara unik bahkan membahas kehidupan saya. Bisa jadi sih cerita kehidupan orang lain sama dengan saya tapi ....

Tips dan Cara Memperbaiki Konten Duplikat

Duplikat Konten akan sangat mudah diperbaiki dengan menggunakan cara-cara berikut ini:

  • Langkah pertama yang paling mendasar dan harus diingat oleh setiap blogger adalah tidak pernah menyalin atau mencopy konten orang lain secara langsung ke situs blog anda. Bahkan jika memang terpaksa anda harus menyalinnya, maka gunakanlah kata-kata sendiri untuk menulis ulang informasi yang ada di blog lain itu. Ingatlah bahwa Algoritma Google itu sekarang ini sudah hampir dipastikan akan menemukan kegiatan duplikat anda yang selajutnya akan membuat situs blog Anda jatuh. 

  • Langkah kedua adalah dengan selalu melakukan verifikasi terlebih dahulu (mencari di google.com) apakah informasi yang akan anda sampaikan sudah ada diblog orang lain yang di indeks google atau tidak. Jika anda menemukan bahwa informasi yang hendak anda sampaikan telah ada di blog orang lain maka sebaiknya anda menulis informasi itu anda ubah dengan kata-kata anda sendiri.

  • Langkah ketiga adalah membuat platform blog anda sendiri agar terhindar dari duplikat konten sendiri (Self Duplicate Content). 

Memperbaiki Duplikat Konten pada Blogspot (Blogger)

Bagaimana agar blog anda terhindar dari Self Duplicate Content? Ada solusi mudah yang akan saya berikat untuk anda, namun lakukanlah hal ini dengan hati-hati karena anda harus mengedit template blog anda sendiri. Sehingga lakukanlah langkah-langkah berikut secara saksama agar template anda tidak menjadi error:

Langkah 1) Lakukan Login di akun blogger Anda dan kemudian pergi menuju Layout dan laukan Edit HTML

Langkah 2) Untuk berjaga-jaga maka Cadangkan template asli Anda terlebih dahulu dengan cara mengklik 'Unduh Template Lengkap'.

Langkah 3) Kemudian carilah kode <head>, jika anda telah menemukannya anda bisa menambahkan kode di bawah agar blog anda tidak melakukan duplikat konten secara sendirinya. Ingatlah kode diletakkan  setelah kode <head> dan sebelum kode <body>.

Lihatlah gambar di bawah ini untuk mengetahui cara menambahkan kode anti duplikat konten di template blogspot anda:
Memperbaiki duplikat konten yang terjadi serta mencegah timbulnya duplikat konten
Kode HTML untuk mencegah duplikat konten

Kode Jika Hanya Ingin Mengindeks Halaman Artikel Blogger

Ini adalah kode yang sangat direkomendasikan bagi anda:
Kode hanya jika ingin mengindeks halaman artikel saja
Recomendasi 1
Kode di atas berfungsi untuk memberikan intruksi pada mesin pencari untuk hanya melakukan indeks terhadap halaman artikel yang unik di blog anda tanpa melakukan indeks pada halaman depan atau halaman arsip anda.

Saya sangat menyarankan blog anda menggunakan kode di atas karena dapat mencegah dan memperbaiki duplikat konten terjadi pada blogspot anda. Blogspot saya juga menggunakan kode yang sama.

Kode Alternatif Indeks Halaman Beranda Blogger dan Halaman Artikel

Beberapa blogger mungkin juga ingin blognya bisa terdeteksi dengan baik di google dan diindeksnya, bahkan bukan hanya halaman artikel saja yang terindeks melainkan halaman beranda mereka, namun tetap untuk arsip tidak dilakukan indeks, maka inilah kode arternatifnya:
Menambahkan Halaman Beranda untuk di Indeks tanpa adanya duplikat konten
Halaman artikel dan Halaman Beranda
Kode alternatif ini hanya akan memuat blog anda terindeks di google pada halaman artikel dan halaman beranda tanpa menyertakan arsip.

Saya rasa itu semua adalah masalah duplikat konten yang secara umum sering terjadi, jika masalah anda belum juga selesai setelah melakukan tahapan di atas, silahkan tuliskan di halaman komentar di bawah ini, saya hanya akan membalas komentar yang bersangkutan dengan duplikat konten yang terjadi sesuai pembahasan artikel ini.

Semoga berhasil dan selamat blogging !!! Devi kunyai ^.^
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda